Partai Politik Pada Abad Orde Lama

Partai Politik Pada Masa Orde Lama - Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sehabis kemerdekaan, Indonesia belum dapat mendapat stabilitas dalam banyak sekali bidang. Baik di bidang ekonomi, politik dan sosial masih sering terjadi gejolak. Gejolak yang sering muncul tersebut kalau tidak segera diselesaikan tentu akan mengancam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Dalam rangka untuk menjaga stabilitas tersebut tentu dilakukan segala cara selama tidak bertentangan dengan Undang-Undang yang ada.

 Indonesia belum dapat mendapat stabilitas dalam banyak sekali bidang Partai Politik Pada Masa Orde Lama
Partai Politik Pada Masa Orde Lama
Pada masa-masa rawan tersebut, ada beberapa pergantian Kabinet yang silih berganti mencoba untuk melaksanakan pembenahan dan pembangunan. Pada masa-masa tersebut, tentu yang paling bersejarah ialah masa dimana akan diselenggarakannya Pemiliu Pertama Indonesia yaitu yang terkenal dengan Pemilu 1955. Pada masa itu, yang dapat disebut juga sebagai masa Orde Lama, mempunyai banyak sekali partai politik. Partai Politik pada masa orde usang terdiri dari banyak sekali kalangan dan sangat beragam. Partai politik orde usang ini juga turut serta dan menjadi penerima dalam penyelenggaraan Pemilu 1955.

Baca juga : Partai Politik Masa Orde Baru 

Partai politik masa orde usang ini mewakili dari banyak sekali golongan yang ada di Indonesia pada ketika itu. Dengan beragamnya jenis rakyat Indonesia yang heterogen, maka partai politik orde usang pun juga sangat banyak. Lalu partai politik apa saja yang termasuk dalam partai politik masa orde lama, simak di bawah ini.

Partai Politik Pada Masa Orde Lama

1. Partai Nasional Indonesia (PNI)
2. Masyumi
3. Nahdlatul Ulama
4. Partai Komunis Indonesia
5. Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII)
6. Partai Kristen Indonesia (Parkindo)
7. Partai Katolik
8. Partai Sosialis Indonesia (PSI)
9. Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI)
10. Pergerakan Tarbiyah Islamiyah (Perti)
11. Partai Rakyat nasional
12. Partai Buruh
13. Gerakan Pembela Panca Sila (GPPS)
14. Partai Rakyat Indoesia (PRI)
15. Persatuan Pegawai Polisi Indonesia (P3RI)

Baca juga : Sejarah Pemilu 1955 


Nah teman-teman, itulah beberapa Partai Politik Masa Orde Lama yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua. Sebnarnya ada beberapa partai politik masa orde usang yang lain. Semoga sedikit isu terkait partai politik masa orde usang di atas dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai partai politik masa orde lama.

Belum ada Komentar untuk "Partai Politik Pada Abad Orde Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel