Sejarah Kerajaan Singasari, Masa Kejayaan Dan Masa Keruntuhan Singasari

Sejarah Kerajaan Singasari, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Singasari - Selain Kerajaan Majapahit, kerajaan besar yang ada di tanah jawa yaitu Kerajaan Singasari. Kerajaan Singasari ini termasuk kerajaan besar dengan kawasan kekuasaan yang cukup luas. Bisa dikatakan bahwa Kerajaan Singasari yaitu cikal bakal dari kerajaan Majapahit. Ada banyak sejarah yang bisa digali dari Kerajaan Singasari. Seperti halnya sejarah Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singasari juga pernah mengalami masa kejayaan dan masa keemasannya.

 Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Singasari Sejarah Kerajaan Singasari, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Singasari
Sejarah Kerajaan Singasari
Masa kejayaan kerajaan Singasari menyerupai pada umumnya kerajaan yang maju, tentu meninggalkan bekas kemajuan peradaban, baik dalam segi ekonomi, politik maupun budaya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan sejarah Kerajaan Singasari baik pada masa kejayaan kerajaan Singasari maupun pada dikala masa keruntuhan Kerajaan Singasari. Untuk lebih jelasnya mengenai sejarah Kerajaan Singasari, dan masa kejayaan Singasari serta masa keruntuhan Kerajaan Singasari, simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Kerajaan Singasari


1. Masa Kejayaan Kerajaan Singasari

Dalam perjalanan sebuah kerajaan, tentu akan mengalami kejayaan dan tak akan bisa terhindarkan dari keruntuhan, lantaran itu yaitu sebuah keniscayaan. Sama halnya dengan Kerajaan Singasari, Kerajaan Singasari juga pernah mengalami masa kejayaannya dan keruntuhannya. Puncak masa jejayaan Kerajaan Singasari yaitu pada masa pemerintahan Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara. Kecerdasan Kertangegara yaitu dia bisa melaksanakan konsolidasi dan bisa menempatkan para pejabat dengan kemampuan yang sesuai pada tugasnya. Ketegasan Raja Kertanegara juga sangat berperan di sini, lantaran ia tak segan untuk mengganti pejabat yang tidak berkualitas. Dengan cara ini, Singasari menjadi sebuah kerajaan yang tangguh dan mempunyai ketahanan di banyak sekali bidang secara berkesinambungan.

Selain itu, Raja Kertanegara juga selalu bisa menjalin kekerabatan dengan kerajaan-kerajaan besar lainnya menyerupai dengan kerajaan Cempa. Dengan banyak sekali kebijakan yang dilakukan oleh Kertanegara, Kerajaan Singasari berubah menjadi menjadi Kerajaan terkuat di Nusantara. Bukan saja di bidang militernya, namun Kerajaan Singasari juga menjadi negara yang kuat secara perdangangan sehingga tentu saja ini akan kuat kepada situasi ekonomi dan politik yang menjadi semakin stabil.

2. Masa Keruntuhan Kerajaan Singasari

Seperti sudah digariskan oleh yang kuasa, bahwa sebesar apapun sebuah kerajaan, maka pada saatnya akan mengalami keruntuhan juga. Hal ini juga dialami oleh Kerajaan sebesar Singasari. Masa keruntuhan Kerajaan Singasari ini secara umum disebabkan oleh dua faktor utama. Yang pertama yaitu tekanan dari luar dan yang ke dua yaitu mulai adanya pemberontakan dari dalam. Tekanan dari luar ini tiba dari kerajan mancanegara yaitu berasal dari Dinasti Yuan dari Cina dan dari Kekaisaran Mongol yang dipipmpin Khubilai Khan. Khubilai Khan menghendaki Kerajaan Singasari menjadi taklukan atau jajahan Kerajaan Cina tersebut.

Sebagai seorang raja,, tentu saja Kertanegara menolaknya mentah-mentah. Penolakan yang dilakukan oleh Kertanegara yaitu dengan menghina utusan dari Cina yaitu Meng-Chi. Sejak dikala itulah konsentrasi Kertanegara mulai tersita untuk memperkuat wilayah bahari nya dari rong rongan utusak Khubilai Khan. Di tengah perjuangan untuk menghalau serangan dari Kekaisaran Mongol inilah kemudian penguasa dari Kediri yang berjulukan Jayakatwang melaksanakan pemberontakan. Memang Kediri yang merupakan kekuasaan terakhir Wangsa Isana mempunyai potensi untuk melaksanakan makar dan memberontak. (Baca juga : Sejarah Kerajaan Kediri)

Kertanegara sendiri sesungguhnya sudah memperhitungkan adanya pemberontakan dari Kediri ini. Antisipasi yang dilakukana dalah dengan mengambil menantu Ardharaja, anak Jayakatwang. Namun ternyata perjuangan ini tetap gagal dan kesudahannya pada tahun 1292 Jayakatwang menyerbu ibukota dan berhasil menghabisi nyawa Kertanegara dan menguasai Istana sehingga runtuhlah Kerajaan Singasari.


Nah teman-teman sekalian, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah kerajaan Singasari baik pada masa kejayaan Singasari maupun masa keruntuhan Singasari. Semoga ulasan mengenai masa kejayaan Singasari dan masa keruntuhan Singasari di atas bisa menambah wawasan kita semua mengenai sejarah Kerajaan Singasari.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Singasari, Masa Kejayaan Dan Masa Keruntuhan Singasari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel