Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi Dan Budaya Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya Kerajaan Tarumanegara - Sebagai salahs atu kerajaan besar pada masa lalu, Kerajaan termasuk mempunyai budaya dan gaya hidup yang sudah maju. Ada banyak teknologi untuk mendukung kehidupan masyarakat pada Kerajaan Tarumanegara pada ketika itu. Kehidupan ekonomi Kerajaan Tarumanegara pada umumnya ialah pertanian dan peternakan. Ada banyak bukti sejarah Kerajaan Tarumanegara yang menyebutkan bahwa Tarumanegara ialah kerajaan besar. Bukti sejarah tersebut banyak ditemukan melalui peninggalan-peninggalan dan prasasti Kerajaan Tarumanegara.

 Ekonomi dan Budaya Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Untuk kehidupan ekonomi Kerajaan Tarumanegara yang merupakan masyarakat pertanian dan peternakan, dapat dilihat dari Prasasti Tugu. Prasasti ini berisikan ihwal pembangunan atau penggalian akses Gomati yang mempunyai panjang 6112 tombak (12 km). Pembangunan akses Gomati ini dapat diselesaikan dalam waktu 21 hari. Pembangunan akses air ini mempunyai tugas yang sangat strategis untuk kehidupan warga Kerajaan Tarumanegara. Saluran ini mempunyai fungsi untuk mengendalikan banjir dan juga untuk sarana pengairan. Letak wilayah Kerajaan Tarumanegara yang sangat strategis di erat selat Sunda, menciptakan masyarakatnya juga berprofesi menjadi pedagang yang handal. 

Bukan saja akses Gomati yang sudah dibentuk pada masa Kerajaan Tarumanegara, namun Kerajaan tersebut juga berhasil membangun akses Candrabagha. Dengan akses air yang sangat bermanfaat ini, kehidupan ekonomi rakyat menjadi semakin makmur, kondusif dan sejahter.

Untuk segi Kebudayaan, Kebudayaan Kerajaan Tarumanegara tergolong mempunyai kebudayaan yang sudah maju dan berkembang. Hal ini dibuktikan dengan penggalian sungai untuk mencegah banjir, dan juga sebagai akses irigasi untuk kepentingan pengairan sawah dan ladang. Pada bidang tulis menulis, Kerajaan Tarumanegara juga termasuk visioner yang dibuktikan dengan banyak sekali prasasti Kerajaan Tarumanegara yang sudah ditemukan.

Raja Yang Pernah Berkuasa Di Kerajaan Tarumanegara

Selama berdirinya Kerajaan Tarumanegara hingga pada masa keruntuhan Kerajaan Tarumanegara, kerajaan ini dipimpin oleh 12 orang Raja. Raja-raja tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, ada raja yang berhasil membawa Kerajaan Tarumanegara pada masa kejayaan dan masa keemasannya. Di bawah ini ialah Raja-raja yang pernah memerintah pada Kerajaan Tarumanegara.

Jayasingawarman (358-382 M.)
Dharmayawarman (382-395 M.)
Purnawarman (395-434 M.)
Wisnuwarman (434-455 M.)
Indrawarman (455-515 M.)
Candrawarman (515-535 M.)
Suryawarman (535-561 M.)
Kertawarman (561-628 M.)
Sudhawarman (628-639 M.)
Hariwangsawarman (639-640 M.)
Nagajayawarman (640-666 M.)
Linggawarman (666-669 M.)

Nah teman-teman, itulah sedikit info yang dapat kami sampaikan terkait Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya Kerajaan Tarumanegara. Semoga artikel mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya Kerajaan Tarumanegara di atas dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara.
Baca juga :

Tentu saja dengan mengetahui banyak sekali sejarah kerajaan di Indonesia, kita dapat menjadi lebih besar hati terhadap Indonesia dan kebudayaannya yang sangat kaya.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Kehidupan Sosial, Politik, Ekonomi Dan Budaya Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel