7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, Dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara

7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara - Kerajaan Tarumanegara yaitu kerajaan tertua ke dua sehabis kerajaan Kutai. Kerajaan Tarumanegara ini mempunyai sejarah panjang yang sanggup dikatakan termasuk Kerajaan yang berjaya di tanah Jawa. Sebagai kerajaan yang besar, Sejarah Kerajaan Tarumanegara mempunyai peninggalan-peninggalan sejarah yang berupa prasasti dan lainnya. Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara sendiri ada banyak dan sanggup ditemukan di banyak sekali daerah. Nah, diantara prasasti-prasasti Kerajaan Tarumanegara itu yaitu menyerupai di bawah ini.

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Pasir Awi

 dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Pasir Awi
Prasasti Pasir Awi yaitu bukti sejarah peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di daerah selatan bukit Pasir Awi di daerah Cipamingkis, Sukamakmur, Bogor. Sama menyerupai Prasasti Muara Cianteun, Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini berada di atas bukit dan tidak mengungkapkan sedikitpun sejarah Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Pasir Awi ini hanya berisikan pahatan gambar dahan, ranting, daun dan beberapa buah-buahan serta sepasang telapak kaki.

Prasasti Pasir Awi atau Prasasti Cemperai yaitu bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang juga ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di lereng selatan bukit Pasir Awi, daerah hutan perbukitan Cipamingkis, Sukamakmur, Bogor. Sama menyerupai Prasasti Muara Cianteun, Prasasti yang berada di atas bukit ini juga tak mengungkap sedikitpun sejarah kerajaan tarumanegara. Pasalnya, ia hanya berisi paharan gambar dahan, ranting, daun, dan buah-buahan, serta sepasang telapak kaki.

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Cidanghiyang

 dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Cidanghiyang
Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini yaitu satu-satunya Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang terletak di Pandeglang. Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini ditemukan oleh Toebagus Roesjan pada tahun 1947 tepatnya di tepi sungai Cidanghiyang (sekarang: desa Lebak, kecamatan Munjul, kabupaten Pandeglang). Prasasti Cidanghyang ini berisi perihal kegungan dari Raja Purnawarman. Isi teks prasasti Cidanghyang ini ditulis dengan karakter Palawa dengan memakai bahasa Sanskerta dengan bentuk Seloka metrum Anustubh.

Isi Teks Prasasti : Teks: Vikranto ‘yam vanipateh/prabhuh satya parakramah narendra ddhvajabhutena/ srimatah purnnawvarmanah

Terjemahan Teks Prasasti : Inilah (tanda) keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sebetulnya dari raja dunia, yang Mulia Purnawarman yang menjadi panji sekalian raja-raja.

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Tugu

 dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Tugu
Prasasti Kerajaan Tarumanegara yang ini yaitu prasasti yang ditemukan di desa Tugu , Koja-Jakarta Selatan pada tahun 1911. Prasasti Tugu ini ditemukan oleh P.de Roo de la Faille. Sedangkan isi dari Prasasti Tugu ini sendiri yaitu perihal peninggalan Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman. Peninggalan sungai ini yaitu salah satu cara untuk mencegah banjir ketika animo hujan yang sering melanda di beberapa wilayah Kerajaan Tarumanegara pada masa Pemerintahan Purnawarman. Selain itu juga untuk mengatasi peristiwa kekeringan disaat kemarau tiba melanda. Prasasti Tugu ini sendiri mempunyai bentuk menyerupai telur lingkaran yang terbuat dari kerikil dengan tinggi kurang lebih 1 meter.

Di dalam prasasti Tugu ini berisi goresan pena dari karakter Pallawa dengan memakai bahasa Sanskerta. Tulisan tersebut mengandung sebuah pesan yang ditulis dalam lima baris membentuk metrum Anustubh. Ada keunikan pada prasasti Tugu yang tidak ditemukan pada prasasti Kerajaan Tarumanegara lainnya. Pada Praasti Tugu ini terdapat pahatan hiasan tongkat trisula tegak memanjang yang berfungsi sebagai pemisah awal dan simpulan kalimat dalam seloka.

Isi Teks Prasasti : pura rajadhirajena guruna pinabahuna khata khyatam purim prapya candrabhagarnnavam yayau. pravarddhamane dvavingsad vatsare sri gunau jasa narendradhvajabhutena srimata purnavarmmana. prarabhya phalguna mase khata krsnastami tithau caitra sukla trayodasyam dinais siddhaikavingsakaih ayata satsahasrena dhanusamsasatena ca dvavingsena nadi ramya gomati nirmalodaka. pitamahasya rajarser vvidaryya sibiravanim brahmanair ggo sahasrena prayati krtadaksina

Teks Terjemahan Prasasti : Dahulu sungai yang berjulukan Candrabhaga telah digali oleh maharaja yang mulia dan yang memilki lengan kencang serta besar lengan berkuasa yakni Purnawarmman, untuk mengalirkannya ke laut, sehabis kali (saluran sungai) ini hingga di istana kerajaan yang termashur. Pada tahun ke-22 dari tahta Yang Mulia Raja Purnnawarmman yang berkilau-kilauan alasannya kepandaian dan kebijaksanaannya serta menjadi panji-panji segala raja-raja, (maka sekarang) ia pun menitahkan pula menggali kali (saluran sungai) yang permai dan basah jernih Gomati namanya, sehabis kali (saluran sungai) tersebut mengalir melintas di tengah-tegah tanah kediaman Yang Mulia Sang Pendeta Nenekda (Raja Purnnawarmman). Pekerjaan ini dimulai pada hari baik, tanggal 8 paro-gelap bulan dan disudahi pada hari tanggal ke 13 paro terperinci bulan Caitra,jadi hanya berlangsung 21 hari lamanya, sedangkan terusan galian tersebut panjangnya 6122 busur. Selamatan baginya dilakukan oleh para Brahmana disertai 1000 ekor sapi yang dihadiahkan”

Baca juga :

Nah temen-temen, itulah 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara yang sanggup kami bagikan untuk Anda. Karena terbatasnya karakter, maka artikel 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara kami bagi menjadi dua bagian. Kelanjutan dari artikel di atas sanggup kalian baca pada Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti KerajaanTarumanegara.

Belum ada Komentar untuk "7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi Teks, Dan Gambar Prasasti Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel