Sumber Isu Sejarah Kerajaan Majapahit

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit - Sebagai kerajaan yang besar dan mempunyai tempat kekuasaan yang sangat luas, tentu kerajaan Majapahit mempunyai bermacam-macam peninggalan. Peninggalan kerajaan Majapahit ini jenisnya berbeda-beda. Ada candi peninggalan Kerajaan Majapahit, ada juga peninggalan Kerajaan Majapahit yang berupa prasasti. Selain candi, Kerajaan Majapahit juga meninggalkan beberapa karya sastra masa Kerajaan Majapahit yang dapat menjadi sumber sejarah Kerajaan Majapahit.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Sumber gosip atau informasi dari sejarah Kerajaan Majapahit ini ternyata juga dapat diperoleh dari beberapa sumber. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa sumber gosip dan informasi terkait dengan sejarah Kerajaan Majapahit. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa ulasan terkait sumber gosip sejarah Kerajaan Majapahit di bawah ini.

1. Prasasti Butok

Sedikit berbeda dengan Kerajaan Tarumanegara yang meninggalkan banyak prasasti-prasasti Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Majaphit termasuk sedikit meninggalkan prasasti. Entah kenapa dapat demikian, memang Majapahit sangat sedikit meninggalkan prasasti. Adapun salah satu prasasti Kerajaan Majapahit yang dapat ditemukan ialah Prasasti Butok pada tahun 1244. Prasasti ini juga disebut sebagai Prasasti Gunung Butak yang diyakini dikeluarkan oleh Raden Wijaya.

Setelah Raden Wijaya berhasil menaklukkan Singasari dan sekaligus runtuhnya Singasari, prasasti ini dibentuk untuk mengenang kejadian yang sangat bersejarah tersebut. Prasasti ini juga sekaligus juga untuk mengenang usaha sang Raden dalam mendirikan kerajaan.

2. Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama

Sumber gosip sejarah Kerajaan Majapahit selanjutnya ialah Kidung Harsawijaya. Kidung Harsawijaya ini berisikan perihal keruntuhan Kerajaan Singasari. Seperti kita ketahui bahwa Kerajaan Singasari merupakan cikal bakal Kerajaan Majapahit. Sedangkan Kidung Wijayakrama bercerita perihal usaha Raden Wijaya saat menghadapi musuh dari beberapa kerajaan pada masa awal-awal mendirikan Kerajaan.

3. Kitab Pararaton

Kitab Pararaton ini termasuk salah satu dari peninggalan Kerajaan Majapahit berupa sastra. Kitab Pararaton atau Kitab Pustaka Raja merupakan sebuah kitab sastra Jawa yang memuat kisah perihal perjalanan Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit. Kitab ini berisikan naskah singkat yang terdiri dari 32 halaman seukuran kertas folio. Kitab Pararaton ini berkisah perihal pemerintahan raja-raja pada masa kejayaan Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit. Kitab Pararaton yang memakai bahasa Jawa kuno ini diperkirakan berasal pada tahun 1481.

4. Kitab Negarakertagama

Kitab Negarakertagama ini juga disebut Kitab Desawarnana merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang berupa sastra Jawa. Kitab ini diperkirakan berasal dari tahun 1365 dan ditemukan oleh seorang ilmuwan Belanda pada tahun 1894. Kitab Negarakartagama ini dulu hampir dibakar oleh tentara KNIL. Isi kitab Negarakertagama ialah perihal kisah perjalanan Hayam Wuruk. Selain itu, isi Kitab Negarakertagama juga mengisahkan pemerintahan Raja Hayam Wuruk, tempat kekuasaan Kerajaan Majapahit.Kekuasaan Majapahit dalam kitab Negarakertagama ini tersusun secara rapi dan sistematis menjadi beberapa pupuh ibarat di bawah ini.
  • Pupuh 1 hingga pupuh 7 bercerita perihal raja dan keluarganya.
  • Pupuh 8 hingga pupuh 16 bercerita perihal tentang kota dan wilayah Majapahit.
  • Pupuh 17 hingga pupuh 39 bercerita perihal perjalanan keliling ke Lumajang.
  • Pupuh 40 hingga pupuh 49 bercerita perihal silsilah Raja Hayam Wuruk.
  • Pupuh 45 hingga pupuh 49 bercerita perihal sejarah raja-raja Majapahit dari Kertarajasa Jayawardhana hingga Hayam Wuruk.


Nah teman-teman, itulah sumber-sumber sejarah Kerajaan Majapahit yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga sedikit informasi terkait sumber sejarah Kerajaan Majapahit di atas dapat menambah pengetahuan kita semua perihal sejarah Kerajan Majapahit.

Belum ada Komentar untuk "Sumber Isu Sejarah Kerajaan Majapahit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel