Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia : Alasan Islam Gampang Diterima Masyarakat Indonesia

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Alasan Islam Praktis Diterima Masyarakat Indonesia - Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, ternyata dulunya bukanlah daerah yang dominan beragama Islam. Pada masa kerajaan, beberapa kerajaan besar yang mempunyai luas wilayah besar di Indonesia, bukanlah kerajaan dengan menganut agama Islam. Sebut saja ibarat kerajaan Majapahit (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit), kemudian kerajaan Singasari (baca : Sejarah Kerajaan Singasari) ataupun kerajaan Tarumanegara (baca : Sejarah Kerajaan Tarumanegara). Beberapa kerajaan besar di nusantara ini rata-rata ialah penganut agama Hindu dan Budha. Jike melihat pada masa kerajaan, maka ketika ini Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia ialah merupakan fakta yang sangat menakjubkan.

 Alasan Islam Praktis Diterima Masyarakat Indonesia Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia : Alasan Islam Praktis Diterima Masyarakat Indonesia
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Bisa dikatakan bahwa proses Islamisasi yang dibawa oleh para penyebar Islam pada masa kemudian ini sangat sukses dan berhasil. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia sendiri sebetulnya hingga ketika ini masih menjadi diskusi yang terus berkembang. Ada beberapa teori dan pendapat dari beberapa jago sejarah terkait periodisasi sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Namun diluar itu semua, yang patut kita perhatikan juga ialah keterbukaan masyarakat Indonesia terhadap agama gres yang berjulukan Islam, dan juga penerimaan masyarakat Indonesia terhada agama Islam itu sendiri. Islam begitu gampang diterima oleh masyarakat lokal, dan bahkan dalam proses penyebaran Islam ini cenderung sangat tenang yang artinya masyarakat mendapatkan dengan tangan terbuka tanpa adanya penolakan atau bahkan perlawanan dari agama terdahulu.

Dari sini sanggup dipelajari alasan agama Islam gampang diterima oleh masyarakat asli. Padahal keyakinan yang dianut oleh nenek moyang mereka sudah dipegang semenjak turun temurun. Nah, ternyata ada beberapa alasan agama Islam gampang diterima oleh masyarakat yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini ialah beberapa alasan agama Islam gampang diterima masyarakat Indonesia.

Alasan Agama Islam Praktis Diterima Masyarakat Indonesia

  • Syarat masuk Islam sangat gampang alasannya ialah seseorang dianggap telah masuk Islam jikalau ia telah mengucapkan kalimah syahadat.
  • Pelaksanaan ibadah sederhana dan biayanya murah.
  • Agama Islam tidak mengenal pembagian kasta sehingga banyak kelompok masyarakat yang masuk Islam alasannya ialah ingin memperoleh derajat yang sama.
  • Aturan-aturan dalam Islam bersifat fleksibel dan tidak memaksa.
  • Agama Islam yang masuk dari Gujarat, India menerima imbas Hindu dan tasawuf sehingga gampang dipahami.
  • Penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara tenang tanpa kekerasan dan diubahsuaikan dengan kondisi sosial budaya yang ada.
  • Runtuhnya kerajaan Majapahit pada final masa ke 15 yang memudahkan penyebaran Islam tanpa ada pembatasan dari otoritas kerajaan Hindu-Budha.

Keluesan dan kefleksibelan Islam ini ternyata menjadi salah satu alasan agama Islam gampang diterima masyarakat. Jika kita bayangkan pada masa kerajaan Majapahit terdahulu yang begitu memegang teguh anutan Hindu atau Budha, maka proses masuknya Islam ke Indonesia yang begitu gampang ini menjadi sesuatu yang sangat menarik.


Nah teman-teman, sementara itu dulu yang sanggup kami sampaikan terkait sejarah masuknya Islam ke Indonesia terutama terkait alasan agama Islam gampang diterima masyarakat Indonesia. Semoga warta mengenai alasan agama Islam gampang diterima masyarakat Indonesia di atas sanggup menambah pengetahuan kita perihal sejarah Islam. Dan, biar di waktu mendatang kami sanggup menawarkan warta lainnya terkait sejarah masuknya Islam ke Indonesia serta perkembangan Islam di Indonesia pada masa itu.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia : Alasan Islam Gampang Diterima Masyarakat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel