Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, Periodisasi Dan Perkembangannya

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Periodisasi dan Perkembangannya - Seperti kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia ini tidak tiba begitu saja, ada proses yang sanggup kita pelajari. Karena, pada awalnya Indonesia bukanlah negara muslim. Dengan keberadaan beberapa kerajaan yang besar menyerupai Majaphit (baca : Sejarah Kerajaan Majapahit), dan Singasari (baca : Sejarah Kerajaan Singasari) yang bukan kerajaan Islam, maka pada jaman dahulu penduduk di Indonesia dominan bermacam-macam Hindu dan Budha. Proses masuknya Islam di Indonesia ini ternyata telah melalui proses yang sangat panjang dan berliku. Sejarah masuknya Islam di Indonesia ini melalui periodisasi dan atau pembabakan yang cukup panjang.

 Seperti kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia merupakan negara dengan jumlah pendudu Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia, Periodisasi dan Perkembangannya
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini termasuk masih menjadi diskusi yang sangat panjang hingga dikala ini. Ada beberapa teori terkait dengan sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Teori dan pendapat perihal sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini bukan saja didasarkan kepada beberapa bukti yang sanggup ditemukan, namun juga didasarkan dengan beberapa catatan-catatan sejarah yang dibentuk oleh bangsa lain pada masa lampau. Lalu bagaimana sebetulnya pembabakan dan perkembangan sejarah masuknya Islam ke Indonesia, simak klarifikasi perihal beberapa pendapat perihal sejarah masuknya Islam di bawah ini.

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia


1. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Pada Abad ke-7

Beberapa mahir sejarah menyebutkan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia mulai pada masa ke-7 Masehi. Pendapat dari para mahir sejarah ini didasari dengan gosip yang didapat dari para pedagang dari Arab. Berita tersebut menyatakan bahwa para pedagang Arab sudah menjalin hubungan dagang dengan Indonesia. Pada dikala itu, para pedagang Arab menjalin hubungan dagang dengan Indonesia ketika di nusantara pada masa perkembangan Kerajaan Sriwijaya pada masa ke-7. Menurut teori masuknya Islam ke Indonesia pada masa ke-7 tersebut, kawasan Indonesia yang mendapatkan efek Islam yakni kawasan pantai Sumatera Utara atau wilayah Samudra Pasai.

Samudera Pasai sanggup dikatakan sebagai salah satu pintu gerbang ke wilayah Indonesia yang lain. Dari wilayah Samudera Pasai inilah kemudian melalui jalur perdagangan agama Islam semakin menyebar ke kawasan Malaka dan diteruskan ke wilayah Pulau Jawa. Dan, berdasarkan teori masuknya Islam ke Indonesia ini, diyakini Islam juga telah masuk ke kawasan pesisir pulau Jawa. Masuknya Islam ke Pulau Jawa pada masa ke-7 Masehi ini didasarkan kepada gosip dari China pada masa pemerintahan dinasti Tang. Berita tersebut menyatakan bahwa ada orang dari ta'sih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niatnya untuk menyerang Kaling di bawah pemerintahan Ratu SIma pada tahun 674 Masehi.

2. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Pada Abad ke-11

Selain ada pendapat yang menyebutkan bahwa sejarah masuknya Islam ke Indonesia yakni mulai pada masa ke-7, ternyata ada pendapat yang lain. Pendapat yang lain yakni menyatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia mulai pada masa ke-11. Pendapat perihal masuknya Islam ke Indonesia pada masa ke-7 ini didasarkan pada adanya bukti sebuah kerikil nisan yang bercirikan Islam. Batu nisan yang ditemukan ini bertuliskan atau diyakini sebagai nisan Fatimah binti Maimun yang berada di bersahabat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini sendiri bertuliskan angka tahun 1082 Masehi.

3. Pendapat Tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Pada Abad ke-13

Teori selanjutnya mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia yakni menyebutkan bahwa Islam mulai masuk Indonesia pada masa Abad ke-13. Pendapat ini didasarkan kepada beberapa bukti yang lebih berpengaruh diantaranya yakni dikaitkan dengan runtuhnya Dinasti Abassiah di Baghdad sekitar tahun 1258. Selain itu, juga didasarkan pada gosip dari Marcopolo tahun 1292 dan kerikil nisan Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), dan gosip dari Ibnu Battuta (1345). Pendapat ini kemudian juga diperkuat lagi dengan masa penyebaran tasawuf di Indonesia.

Nah teman-teman, itulah sedikit informasi mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia yang sanggup kami sampaikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi di atas sanggup membantu teman-teman memahami perihal masa perkembangan dan sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Ke depan, insyaalloh akan kami bahas mengenai proses dan perkembangan Islam di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, Periodisasi Dan Perkembangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel