Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan Dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara - Seperti kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai sejarah yang sangat panjang terutama terkait dengan sejarah kerajaan. Ada banyak kerajaan yang bangun di Indonesia, dan bahkan hingga kini masih bangun beberapa kerajaan di tanah air. Kerajaan Tarumanegara sendiri merupakan salah satu kerajaan besar di Indonesia. Sejarah Kerajaan Tarumanegara ini merupakan kerajaan HIndu tertua ke dua sesudah Kerajaan Kutai. Letak Kerajaan Tarumanegara ialah berada di daerah barat pulau Jawa. Kerajaan Tarumanegara ini berkuasa sekitar pada masa ke-4 hingga masa ke-7 Masehi.

 Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kata Tarumanegara sendiri ialah berasal dari kata Tarum dan Ngara. Tarum ialah nama sebuah sungai yang membelah Jawa Barat yang kini lebih dikenal dengan sungai Citarum. Sedangkan kata Negara sendiri ialah berarti Kerajaan. Lalu bagaimana sejarah Kerajaan Tarumanegara, bagaimana pula kehidupan pada masa berdiri, masa kejayaan dan masa keruntuhan Kerajaan Tarumanegara akan kami jelaskan di bawah ini.

Baca juga :

1. Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Sampai sejauh ini, sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara masih menjadi perdebatan dan pertanyaan antar para mahir sejarah. Saatu sumber sejarah yang dapat dijadikan rujukan ialah Naskah Wangsakerta. Namun, hingga ketika ini Naskah Wangsakerta ini masih menjadi pertanyaan, apakah naskah tersebut orisinil atau palsu. Jika menganut pada Naskah Wangsakerta, maka pada masa ke 4 Masehi beberapa wilayah di Nusantara didatangi oleh beberapa pengungsi dari India yang mencari dukungan alasannya ialah adanya perang di India. Pada umumnya, pengungsi yang tiba tersebut berasal dari Kerajaan Palawa dan Calankayana di India.

Nah, dari rombongan pengungsi ini dipimpin oleh seorang resi yang berjulukan Jayasingawarman. Kemudian sesudah mendapat izin dan persetujuan dari raja setempat yang pada ketika itu ialah Dewawarman VIII, raja Salakanagara maka sang maha resi tersebut lalu membuka tempat pemukiman gres di erat sungai Citarum. Pemukiman tempat tinggal para pengungsi tersebut lalu diberi nama oleh Jayasingawarman dengan Tarumadesya atau desa Taruma.

Waktu pun terus berjalan, lalu sepuluh tahun berjalan, desa Tarumadesya ini semakin besar alasannya ialah banyak penduduk desa yang lain yang tiba berkunjung ke desa Taruma. Melihat kondisi desa yang semakin besar dan semakin mengatakan perkembangan yang sangat pesat, maka sang maharesi Jayasingawarman lalu mendirikan sebuah Kerajaan yang berjulukan Tarumanegara.

2. Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanegara

 Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Seperti kerajaan-kerajaan yang lainnya, Kerajaan Tarumanegara juga pernah mengalami masa kejayaannya. Masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara ialah ketika pada masa dipimpin oleh raja Purnawarman. Pada masa raja Purnawarman, Kerajaan Tarumanegara berhasil memperluas daerahnya dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan yang ada di sekitar kerajaan Tarumanegara. Menurut para mahir sejarah, luas daerah Kerajaan Tarumanegara mencapai luas wilayah Jawa Barat sekarang. Bukti lain masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara, pada masa raja Purnawarman berhasil menyusun buku undang-undang kerajaan, peraturan angkatan perang dan siasat perang serta silsilah dinasti Warman. Raja Purnawarman juga dikenal sebagai seorang raja yang berpengaruh dan bijaksana terhadap rakyatnya.

3. Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Suatu kerajaan seberapapun besarnya, tentu pada alhasil akan mengalami keruntuhan. Demikian halnya dengan Kerajaan Tarumanegara, masa Kerajaan Tarumanegara ini berawal dari Raja ke 12 Tarumanegara yaitu Linggawarman yang mempunyai dua orang putri. Putri pertama berjulukan Dewi Manasih yang menikah dengan Tarusbawa. Dan Sobakencana yang lalu menikah dengan Dapunta Hyang Sri Jayanasa yang merupakan pendiri dari Kerajaan Sriwijaya. Tampuk kekuasaan kerajaan Tarumanegara lalu jatuh pada Tarusbawa yang memindah sentra pemerintahan dan kerajaan Tarumanegara ke Kerajaan Sunda yang notabene pada awalnya ialah bawahan kerajaan Tarumanegara. Dan semakin berkembang, lama-lama Kerajaan Tarumanegara diganti menjadi Kerajaan Sunda.

Artikel lain :

Nah teman-teman, itulah sedikit ulasan singkat mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara yang dapat kami sampaikan kepada Anda. semoga sedikit ulasan mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Masa Berdiri, Masa Kejayaan dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara di atas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Kerajaan Tarumanegara.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Masa Berdiri, Masa Kejayaan Dan Masa Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel