Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya

Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya - Kerajaan Tarumanegara yaitu salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Kerajan Tarumanegara ini termasuk Kerajaan yang mempunyai peninggalan sejarah brupa prasasti-prasasti. Sejarah Kerajaan Tarumanegara mempunyai perjalanan panjang sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumaneggara masih sanggup ditemukan dan kita pelajari hingga ketika ini. Setidaknya ada 7 prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang hingga ketika ini dijadikan sebagai sumber sejarah dan rujukan untuk menggali sejarah Kerajaan Tarumanegara. Lalu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara tersebut apa saja dan bagaimana isi dan gambarnya, simak di bawah ini.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara


Prasasti Kerajaan Tarumanegara Ciareteun

 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Ciareteun
Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini ditemukan di daerag Ciampea Bogor. Pada prasasti Ciareteun ini terdapat sebuah lukisan yang berbentuk laba-laba dan tapak kaki. Selain itu, juga berisi puisi dengan abjad Palawa dan bahasa Sanskerta. Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini ditemukan pada tahun 1863 oleh pimpinsn museum Museum Nasional (dulu: Bataaviasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen). Prasasti ini masih tetap berada dimana ditemukannya dulu yaitu di Desa Ciaruteun Ilir, kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Isi Teks Prasasti : vikkrantasyavanipat eh, srimatah purnnavarmmanah, tarumanagarendrasya, visnoriva padadvayam

Terjemahan Teks Prasasti : Inilah (tanda) sepasang telapak kaki yang ibarat kaki Dewa Wisnu (pemelihara) ialah telapak yang mulia sang Purnnawarmman, raja di negeri Taruma, raja yang gagah berani di dunia.
Baca juga :

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Pasir Koleangkak

 
 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Pasir Koleangkak
Prasasti Kerajaan Tarumanegara yang satu ini ditemukan di perkebunan Jambu. Karena ditemukan di Kebun Jambu, maka prasasti ini juga sering disebut dengan Prasasti Jambu. Prasasti ini ditulis dengan memakai huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta dengan disusun dalam bentuk seloka metrum Sragdhara. Pada prasasti ini, terdapat gambar telapak kaki dengan berisi puji-pujian kepada pemerintahan Raja Purnawarman.

Teks Isi Prasasti : siman=data krtajnyo narapatir=asamo yah pura tarumayam/ nama sri purnnavarmma pracura ri pusara bhedya bikhyatavarmmo/ tasyedam= pada vimbadvayam= arinagarot sadane nityadaksam/ bhaktanam yandripanam= bhavati sukhakaram salyabhutam ripunam//

Terjemahan Teks Prasasti : "Gagah, mengagumkan dan jujur terhadap tugasnya yaitu pemimpin insan yang tiada taranya yang termashyur Sri Purnawarman yang sekali waktu (memerintah) di Taruma dan yang baju zirahnya yang populer tidak sanggup ditembus senjata musuh. Ini yaitu sepasang tapak kakinya yang senantiasa menggempur kota-kota musuh, hormat kepada para pangeran, tapi merupakan duri dalam daging bagi musuh-musuhnya."

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Kebun Kopi

 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya
Prasasti Kerajaan Tarumanegara Kebun Kopi
Prasasti Kerajaan Tarumanegara ini ditemukan di kampung Muara Hilir, Cibungbulang (sekarang: Desa Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor). Prasasti Kebun Kopi ini yaitu berbentuk dua kaki gajah yang lalu disamakan dengan tapak kaki gajah Airawati yang merupakan Gajah kendaraan Dewa Wisnu. Prasasti Kebun Kopi inijuga sering disebut dengan prasasti Tapak.

Isi Teks Prasasti : jayavisalasya Tarumendrasya hastinah, Airwavatabhasya vibhatidam padadvayam

Terjemahan Teks Prasasti : Di sini nampak tergambar sepasang telapak kaki …yang ibarat Airawata, gajah penguasa Taruma yang agung dalam….dan (?) kejayaan.

Prasasti Kerajaan Tarumanegara Muara Cianteun

Prasasti Kerajaan tarumanegara ini juga sering disebut dengan prasasti Pasir Muara. Prasasti Pasir Muara yaitu prasasti Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di Pasir Muara di persawahan, tepi sungai Cisadane yang berdekatan dengan Muara Cianten. Prasasti ini berisi perihal sebuah pesan yang menyebutkan bahwa tahun 854 Pemerintahan Kerajaan telah dikembalikan ke Kerajaan Sunda.

Isi Teks Prasasti : sabdakalanda rakryan juru panga-mbat i kawihaji panyca pasagi marsa-n desa barpulihkan haji sunda

Terjemahan teks prasasti : Ini tanda ucapan Rakryan Juru Pengambat dalam tahun (Saka) kawihaji (8) panca (5) pasagi (4), pemerintahan negara dikembalikan kepada raja Sunda.

Artikel lain : Peninggalan Kerajaan Majapahit  

Itu yaitu sebagian prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang sanggup kami sampaikan. Karena keterbatasan karakter, kami buat ke dalam dua bagian. Untuk prasasti Kerajaan Tarumanegara selanjutnya, sanggup Anda baca pada artikel 7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara.

Semoga artikel perihal prasasti peninggalalan Kerajaan Tarumanegara di atas membantu kalian dalam menuntaskan kiprah sejarah.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Tarumanegara : Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Isi Dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel