5 Candi Peninggalan Kerajaan Singasari Yang Dapat Ditemukan

5 Candi Peninggalan Kerajaan Singosari Yang Bisa Ditemukan - Kerajaan Singasari ialah termasuk salah satu Kerajaan besar di tanah Jawa. Bahkan bukan saja di tanah Jawa, Kerajaan Singasari juga termasuk Kerajaan besar di Nusantara pada masa kejayaannya. Sejarah Kerajaan Singasari menyebutkan bahwa Singasari mempunyai wilayah kekuasaan yang sangat luas. Bahkan ambisi dari Kertanegara yang merupakan Raja Singasari tersukses (baca : Raja-raja Singasari) ialah ingin menguasai seluruh Nusantara di bawah kekuasaan Singasari. Dengan melihat begitu besarnya Kerajaan Singasari, tentu Kerajaan Singasari mempunyai banyak peninggalan yang berbentuk beraneka ragam yang salah satunya ialah candi.

 Candi Peninggalan Kerajaan Singosari Yang Bisa Ditemukan 5 Candi Peninggalan Kerajaan Singasari Yang Bisa Ditemukan
Candi Peninggalan Kerajaan Singosari
Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini ditemukan di beberapa daerah. Sebenarnya tak hanya candi yang ditinggalkan oleh kerajaan Singasari, kerajaan ini juga meninggalkan beberapa prasasti Kerajaan Singasari yang juga ditemukan di beberapa kawasan berbeda. Nah, pada kesepatan kali ini, kita fokuskan pada pembahasan candi peninggalan Kerajaan Singasari. Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini hingga dikala ini yang dapat ditemukan ialah berjumlah 5, candi apa sajakah itu, simak di bawah ini.

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari


1. Candi Singosari

Candi peninggalan Kerajaan Singasari yang pertama ialah Candi Singosari. Candi Singosari ini ialah candi yang terletak di kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Candi Singosari ini tepatnya terletak di lembah di antara pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna. Berdasarkan pada data yang ada pada kitab Negarakertagama, serta prasasti Gajah Mada yang ada di halaman kompplek Candi, Candi Singosari ini merupakan tempat pendharmaan raja Singasari terakhir. Raja Singasari terakhir sendiri ialah Raja Kertanegara yang juga raja yang berhasil membawa Singasari pada masa Kejayaan Singasari. Raja Kertanegara sendiri meninggal sebab diserang oleh tentara Gelang-gelang pimpinan dari Jayakatwang dari Kediri yang memberontak. Diduga kuat, Candi Singosari ini belum selesai dibangun.

2. Candi Jago

Candi peninggalan Kerajaan Singasari selanjutnya ialah Candi Jago. Candi Jago ini mempunyai bentuk bersusun seolah-olah sepeti punden berundag. Candi Jago ini dapat dikatakan candi yang unik sebab pada belahan atasnya hanya tersisa sebagian saja. Menurut kisah para penduduk setempat, belahan atas Candi Jago yang hilang sebab tersambar petir. Relief yang banyak ditemui pada Candi Jago ini ialah relief Kunjarakarna dan Pancatantra. Bahan dari bangunan Candi Jago ialah terbuat dari materi watu andesit keseluruhannya.

3. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan ini ialah peninggalan Kerajaan Singasari yang berupa stupa dan merupakan stupa satu-satunya yang ditemukan di kawasan Jawa Timur. Penemuan stupa ini letaknya berjarak sekitar 6 km dari Candi Singasari. Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini merupakan candi yang dipakai oleh umat Buddha pada waktu itu. Keadaan lingkungan Candi ini sangat indah sebab letaknya berdekatan dengan sebuah telaga yang mempunyai air yang sangat jernih dan dingin.

4. Candi Jawi

Candi peninggalan kerajaan Singasari selanjutnya ialah Candi Jawi. Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini terletak di pertengahan jalan raya tepatnya antara Kecamatan Pandaan, Kecamatan Prigen dan Pringebukan. Candi Jawi pada awalnya banyak yang menduga merupakan tempat peribadatan dan pemujaan umat Buddha. Namun Candi Jawi merupakan tempat perndharmaan atau tempat penyimpanan bubuk dari raja terakhir Singasari Kertanegara. Sebagian bubuk mayit Kertanegara juga disimpan di Candi Singasari. Kedua Candi ini, mempunyai hubungan dengan Candi Jago yang merupakan tempat peribadatan Raja Kertanegara.

5. Candi Kidal

Candi Kidal juga termasuk candi peninggalan Kerajaan Singasari. Candi Kidal ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar dari raja Anusopati yang telah memimpin Kerajaan Singasari selama 20 tahun. Anusopati (anak tiri) sendiri merupakan raja ke dua yang memerintah Singasari sehabis raja pertama Singasari Ken Arok. Anusopati lalu dibunuh oleh Panji Tohjoyo sebagai bentuk kudeta dan diyakini juga sebab kutukan dari Empu Gandring.

Nah teman-teman, itulah klarifikasi mengenai candi peninggalan kerajaan Singasari yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga sedikit gosip mengenai candi peninggalan Singasari di atas dapat menambah pengetahuan kalian mengenai sejarah Kerajaan Singasari.

Belum ada Komentar untuk "5 Candi Peninggalan Kerajaan Singasari Yang Dapat Ditemukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel