Sumber Isu Sejarah Kerajaan Singasari

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari - Kerajaan Singasari sebagai salah satu kerajaan terbesar di tanah Jawa dan Nusantara, mempunyai banyak sekali sumber sejarah yang sanggup digali informasinya. Dengan kebesaran dan keluasan tempat kekuasaan Kerajaan Singasari, mak tentu saja kerajaan Singasari meninggalkan beberapa peninggalan yang sanggup dijadikan sebagai tumpuan sumber sejarah. Ada berabagai macam peninggalan kerajaan Singasari, mulai dari Candi peninggalan Kerajaan Singasari dan juga ada prasasti-prasasti Kerajaan Singasari. Dari banyak sekali peninggalan itulah kita ketika ini sanggup mencar ilmu dan sanggup mendapat bermacam-macam informasi terkait kebesaran Kerajaan Singasari yang mendunia.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari
Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari
Nah, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa sumber sejarah Kerajaan Singasari untuk Anda semua. Dengan mengetahui sumber sejarah Kerajaan Singasari, tentu akan mempermudah kita dalam mempelajari sejarah Kerajaan Singasari baik pada masa kejayaan Singasari maupun pada masa keruntuhan Singasari. Untuk lenih jelasnya, perhatikan beberapa informasi di bawah ini.

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Singasari


1. Bangunan Candi

Candi masih menjadi sumber isu utama dari beberapa kerajaan besar di tanah Jawa termasuk Singasari. Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini ditemukan di beberapa tempat di Jawa Timur menyerupai di Singasari Malang, dan juga Surabaya. Dari beberapa candi yang ditemukan ini sanggup menerangkan keberadaan Kerajaan Singasari yang besar. Candi peninggalan Kerajaan Singasari tersebut diantaranya yakni Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singosari dan patung Joko Dolok.

2. Kitab Negarakartagama

Kitab Negarakartagama ini nampaknya masih menjadi tumpuan paling lengkap dari dua kerajaan besar di tanah Jawa, Singasari dan Majapahit. Kitab Negarakartagama ini dikarang oleh Mpu Prapanca yang berisikan klarifikasi mengenai raja-raja yang pernah berkuasa di Singasari dan raja yang pernah berkuasa di Majapahit. Pembahasan raja- Majaphit bahkan hingga pada Raja Hayam Wuruk.

3. Kitab Pararaton

Sumber sejarah Kerajaan Singasari selanjutnya yakni Kitab Pararaton. Kitab Pararaton ini berisi perihal riwayat dari Ken Arok yang penuh dengan keajaiban. Kitab Pararaton ini isinya dipenuhi dengan dongeng mitos dan dongeng dongeng. Namun dari kitab Pararaton ini lah banyak informasi didapatkan perihal riwayat Ken Arok menjadi raja. Sebelum menjadi Raja, Ken Arok menduduki jabatan Akuwu atau sekelas Bupati di Tumapel menggantikan Tunggul Ametung yang dibunuhnya. Pembunuhan ini salah satunya alasannya yakni di dasari oleh ketertarikan Ken Arok dengan Ken Dedes istri Tunggul Ametung yang bagus jelita. Dari sini kemudian Ken Arok menjadi Akuwu di Tumapel dan ingin lepas dari kekuasaan Kediri di bawah Kertajaya. Akhirnya Ken Arok menyerang Kediri dan brhasil membunuh Kertajaya, dan semenjak ketika itu kemudian Ken Arok mendirikan kerajaan Singasari.


Nah teman-teman, itulah sekilas perihal sumber isu sejarah Kerajaan Singasari yang sanggup kami sampaikan. Semoga informasi mengenai sumber isu sejarah Kerajaan Singasari di atas sanggup menjadi suplemen pengetahuan kita perihal sejarah Kerajaan Singasari. Dan bila ada kesalahan informasi atau kekurangan informasi mengenai sumber isu sejarah Kerajaan Singasari, kami harapkan Anda bersedia menawarkan koreksi melalui kotak komentar yang sudah kami sediakan.

Belum ada Komentar untuk "Sumber Isu Sejarah Kerajaan Singasari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel